Minggu, 09 Januari 2011

PELATIHAN SATPAM


Latian kesatpaman

Akhirnya latihan kesatpaman pun dimulai,gelombang pertama dimulai awal januari tahun 2011.

Rencana pengalihan dari gledah dan jaga sepeda menjadi satpan telah berjalan,dan sudah mencapai pembekalan,
dan dari jadwal yang ada nanti selama enam gelombang,satu gelombang nanti akan menjalani pembekalan dan pelatihan selama satu minggu,dan gelombang pertama pun telah dimulai.

Hari pertama pembekalan berjalan.Dimulai pukul 07.00. Pertama tama peserta pembekalan yang terdiri pria dan wanita yang berjumlah 70 personel diajak untuk olah raga.

Dengan berbaris tiga banjar para peserta dibawa kelokasi olah raga,sambil berlari dan bernyanyi,
LARI LARI
TIAP PAGI
AGAR KUAT
URAT KAKI
BADAN PAYAH
TAK MENGAPA
KARNA KITA
SUDAH BIASA
Dibawah pimpinan instruktur Komandan SHOLEH para peserta diajak olak raga.

Dengan sabar dan tahap demi tahap instruktur Komandan sholeh menerangkan gerakan DASAR OLAH RAGA satpam,yang nantinya ada hubungannya dalam tugas yaitu :

Dimulai gerakan jumping jup yaitu dengan cara hitungan satu menepukkan kedua tangan diatas kepala dengan melompot disertai membuka kaki kekanan kekiri,dan pada hitungan kedua menurunkan kedua tangan dan menepukkan kedua tangan pada samping paha disertai kaki merapat,pada hituangan tiga sama seperti satu,dst.

Kemudian olah raga dimulai dari anggota badan yg paling atas.
Yaitu KEPALA Ada 3 macam yg bisa dilakukan,diantaranya

~dengan sikap pokok berdiri tangan bertolak pinggang,kemudian hitungan satu kepala ditolehkan kekiri dan hitungan dua kembali menghadap kedepan,hitungan ketiga kekanan,hitungan keempat kembali menghadap kedepan,dst.

~sikap pokok masih dengan berdiri kaki rapat dan tangan bertolak pinggang,kepala ditolehkan kebawah,kembali lurus dan keatas.

~sikap pokok masih dengan tangan bertolak pinggang,kepala diputar dari arah kiri kekanan dan sebalik.

Selanjutnya anggota TANGAN,adapun gerakannya antara lain.
~sikap pokok kedua ujung jari tangan saling menyentuh didepan dada,pada hitungan satu dan dua siku digerak2kan,pada hitungan tiga dan empat tangan direntangkan,dst

~sikap pokok Tangan kanan diangkat keatas dan ditekuk posisi dibelakang kepala,dan tangan kiri dibelakang pinggang,seperti membentuk leter S kemudian digerakkan kanan kiri pada hitungan satu dan dua,dan pada hitungan tiga dan empat posisi dibalik tangan kiri diatas dan tangan kanan dibawah,dst.

~sikap pokok tangan kanan diangkat lurus keatas dan tangan kiri lurus kebawah,pada hitungan satu dan dua tangan digerakkan mundur dan maju,pada hitungan tiga,empat posisi tangan dibalik, tangan kiri diatas dan tangan kanan dibawah.

Selanjutnya pada gerakan PINGGANG,adapun gerakannya ialah :
~sikap pokok tangan bertolak pinggang kaki rapat,pada hitungan satu kaki kiri dibuka kekiri kemudian pada hitungan kedua pinggang diputar kekiri 90 drajat hingga dada menghadap kekiri,hitungan ketiga pinggang kembali diputar hinga dada lurus kedepan,hitungan empat kaki kiri menutup,selanjut kekanan,dst.

~sikap pokok tangan masih bertolak pinggang kaki rapat,hitungan satu kaki kiri melangkah kedepan,hitungan dua pinggang ditekuk kedepan 90 drajat posisi seperti rukuk,tangan masih bertolak pinggang,hitungan ketiga kembali tegak,dan hitungan keempat kaki kiri ditarik kebelakang hingga tegak lurus,selanjutnya kanan,dst.

~sikap pokok badan tegak lurus,tangan lurus disamping paha,pada hitungan satu tangan diangkat lurus didepan dada,bersamaan itu kaki kiri membuka kekiri setengah langkah,kemudian hitungan dua tangan diputar kekiri 90drajat,hitungan tiga tangan dikembalikan kedepan,hitungan keempat tangan diturunkan kaki rapat seperti sikap pokok,dan selanjutnya nanti tangan diputar kekanan,dst

Selanjutnya adalah untuk KAKI,gerakannya :
~sikap pokok berdiri lurus tangan bertolak pinggang,hitungan satu kedua kaki jinjit,hitungan kedua jongkok masih dengan tangan bertolang pingang dan kaki masih jongkok,hitungan berdiri seperti hitungan satu,dan hitungan empat kaki yang jinjit diturunkan,dst.

~sikap pokok berdiri sempurna,hitungan satu kedua tangan diangkat lurus didepan dada,bersama kaki kiri ditarik mundur setengah jalan,hitungan dua kaki kiri diayun kedepan sampi menyentuh jari tangan kanan,hetungan tiga kaki turun dan tegak hitungan empat tangan diturunkan menjadi sikap semperna,dan ganti kaki kanan yang ditarik dan diayun.

~sikap pokok siap semperna,hitungan satu badan ditekuk kedepan seperti orang ruku' tangan menjuntai lurus kebawah,kemudian hitungan kedua kaki ditekuk posisi menjadi jongkok,bersamaan itu tangan diangkat 45 drajat menjadi lurus kedepan,hitungan tiga seperti satu dan hitungan empat berdiri tegak tangan bertolak pinggang badan ditekuk sedikit kebelakang,dst.

~sikap pokok badan tekuk kedepan,kaki direntangkan dengan telapak jinjit,tangan dimasukkan antara kaki kemudian tangan ditarik keluar perlahan lahan hingga posisi badan berdiri tegak dan tangan diangkat pada hitungan lima posisi kaki rapat kemudian mengeluarkan udara sebebasnya.

Setelah olahraga kira kira selama satu jam setengah peserta pelatian pindah kedalam ruang untuk menerima pelajaran. Pelajaran pertama disampekan oleh Manajer Sekurity Djarum yaitu Bapak Daniel Susanto langsung.
Ada poin poin penting yang disampaikan untuk bekal kesatpaman antara lain :
~Untuk mensset pola pikir kita dari negatif tingking menuju positif tingking.
Dalam jiwa kita ada pikiran,pikiran ini ada yang baik(positif) dan tidak baik(negatif)dan kita harus mengalahkan pikiran negatif ini dengan menjadikan pikiran yang positif kemudian mewujudkannya.
Karena ini adalah bekal utama bagi seorang satpam bagaimana dia harus menjadi jiwa yang baik,pribadi yang baik,dan mempunyai keinginan dari yang baik menuju lebih baik.

~ Dua mata,dua telinga dan satu mulud. Artitnya Sebagai satpam dalam bekerja harus banyak melihat,banyak mendengar dan sedikit bicara,dalam menyikapi keadaan keadaan atau informasi, dia harus bisa :
* Menyerap artinya satpam harus menyerap berita berita atau informasi secara deteil agar ia tau dan faham atas berita atau informasi tersebut


LATIHAN BARIS BERBARIS

Setelah istirahat,makan,dan sholat selanjutnya latian baris berbaris,dengan sabar instruktur melatih baris berbaris,menerangkan bagaimana sikap siap istirahat hadap tangan dan yang lain tentang PBB dan PPM

Dan PBB ini sangat penting karena itu setiap hari ada PBB,keseragaman gerakan dituntut disini.

Selesai lari dan senam kemudian dilanjutkan PBB dan PPM seperti biasa dihari kedua adalah materi materi TKP Tempat Kejadian Perkara.

I. T K P (Tempat Kejadian Perkara) Oleh H. SUTRISNO Kasekto wil bar

TKP adalah Tempat suatu tindak pidana terjadi atau akibat yang ditimbulkan dan tempat-tempat lain dimana barang bukti atau korban yang berhubungan dangan tindak pidana tersebut ditemukan.

TKP sangat berarti dalam rangka penyelidikan tindak pidana karena daripadanya dapat diperoleh keterangan-keterangan/petunjuk-petunjuk pertama tentang hal-hal tsb;

1. Waktu terjadinya tindak pidana
2. Tempat terjadinya tindak pidana
3. Jalanya kejadian tindak pidana
4. Motif/alas an dilakukanya tindak pidana
5. Akibat-akibat yang ditimbulkan oleh suatu tindak pidana.

II. PENANGANAN TKP
PenangananTKP adalah :Tindakan penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan yaitu menyelenggarakan kegiatan dan tindakan kepolisian yang dilakukan ditempat kejadian perkara yang meliputi dua kegiatan, sebagai berikut :
1.ƧTindakan petama di tempat kejadian perkara
2.ƧPengolahan TKP (Crime Processing)

III. TPTKP
TPTKP (Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara) adalah : tindakan Kepolisian yang harus dilakukan segera setelah terjadinya pidana dengan tujuan untuk melakukan pertolongan/perlindungan kepada korban / anggota masyarakat,serta melakukan
penutupan/pengamanan tempat kejadian perkara guna persiapan penyelidikan selanjutnya.
Berhasil tidaknya penyelidikan lebih lanjut ,sebagian besar tergantung dari usaha TPTKPoleh penyidik/penyidik pembantu/penyelidik mengetahui dan menangani TKP.

Adapun pengolahan tempat kejadian perkara adalah : tindakan/kegiatan-kegiatan yang segera dilakukan setelah TPTKP dilakukan , maksudnya untuk mencari, mengumpulkan,mengenal,mengevaluasi petunjuk-petunjuk keterangan dan bukti serta identitas tersangkamenurut teori bukti segitiga guna memberi arah pennyidikan selanjutnya.


IV.TUJUAN TPTKP
Tujuan TPTKP adalah menjaga agar TKP berada dalam keadaan sebagaimana saat dilihat diketemukan petugas yang melakukan tindakan pertama di TKP serta memberikan pertolongan/perlindungan kepada korban/masyarakat bilamana diperlukan,sambil menunggu Team Olah TKP dating.

V. SETIAP ANGGOTA POLRI DAN/SECURITY
Setiap angg. Security baik dalam dinas maupun luar dinas apabila dilaporkan kepadanya/mendengar/mengetahui sendiri adanya suatu peristiwa yang diduga tindak pidana maka berkewajiban untuk :
a. Segera mendatangi TKP dan melakukan tindakan pertama ditempat kejadian.
b. Memberi tahu adanya tindak pidana tersebut ,kepada atasan/Plri terdekat dg menggunakan alat komunikasi yang ada,misalnya,telp,Alkom yang ada/caraka

VI. MISAL TERIMA LAPORAN
1. Membuat laporan polisi serta mencatat dibuku mutasi.
2. Melakukan persiapan sesuatu yang diperlukan sebelum dating keTKP.
3.Mendatangi dan melakukan tindakan pertama diTKP.
4. Membuat berita Acara Pemeriksaan diTKP.
5. Membuat berita acara Pendapatan bila mana menemukan barang bukti diTKP yang terjadi.

VII. PROSEDUR PENANGANANDI TKP
1. Diketahui suatu tindak pidana melalui.
a. Laporan,
b, Pengaduan,
c. Tertangkap Tangan,
d. Diketahui langsung.

VIII. RANGKUMAN (Penting)
1. TPTKP adalah usaha permulaan yang sangat penting untuk bisa dilakukan penyidikan lebih lanjut suatu peristiwayang terjadi dengan tujuan untuk :
a. Menolong korban/melindungi masyarakat.
b. Mengamankan status Quo TKP.
c. Mengamankan barang bukti,saksi dan tersangka yang ada di TKP.
d. Membuat laporan pada pimpinan.
Begitu materi selasai kemudian peserta apel sore dan berdoa pulang untuk kesehatan,agar besok bisa mengikuti pelatihan dan pembekalan lagi.

Dihari ketiga setelah lari dan senam satpam dilanjutkan PBB dan PPM,Kemudian peserta masuk lokasi dan materi yang dipelajari ada pengawalan,

* PENGAWALAN oleh BUDIYONO SL kasektor timur

Arti pengawalan adalah suatu bentuk/kegiatan untuk melindungi/mengamankan orang/benda didalam perjalanan dari suatu tempat ketempat lain.

~ Tugas pokok pengawalan
ialah untuk menyelenggarakan,penghantaran,perlindungan,dan pengamanan terhadap orang/barang yang dilakukan oleh petugas.

~ Fungsi Pengawalan
Menyelenggarakan segala usaha pekerjaan untuk menghantar orang/benda guna menyelamatkan dan melindungi terhadap setiap kemungkinan terjadinya gangguan

~ Peranan Pengawalan
adalah Mengamankan /melindung orang/benda yang memperlukan keberadaan petugas,

~ Sifat Pengawalan ada dua,
1. Pengawalan Secara Langsung : ialah pengawalan yang dilakukan langsung mengikuti sampai ketempat tujuan.
2. Pengawalan Secara tidak langsung,yaitu dengan cara menempatkan petugas dipos pos atau titik titik tertentu.

Setelah materi kemudian dianjutkan PBB dan dilanjutkan apel sore kemudian bubar pulang,

PMK
Hari keempat aku berangkat jam 7 udah nyampe lokasi pembekalan,ada apel dan cek kerapian,yang dipimpin langsunp Bpk SURATMO,selaku pimpinan Deputi chief skuriti,apel dimulai ternyata ada yang terlambat hingga hingga mendapatkan Binsik,atau Bimbingan Fisik,dngan pus ap 10 kali,
Selesai apel kemudian Peserta dibawa ke lokasi olah raga selama satu jam,seperti biasa lari dan olah raga dipimpin Istruktur sholeh,dilanjutkan dengan latian PBB.
Selanjutnya peserta mengikuti Materi Pemadaman Kebakaran,yang langsung disampaikan FIRE CHIEF Djarum Bpk HARDI CAHYONO,materi seharusnya disampekan selama 3hari dipersingkat karena waktu pelatihan yang begitu singkat,setelah penyampean materi selama empat jam dan praktek selama dua jam,
disini saya hanya menuliskan sedikit dari materi yang disampaikan,

Segitiga Api(Triangle of Combustion)
* Api adalah reaksi kimia dan api akan menyala jika hadir 3 unsur,
bahan/material+udara+panas
bila salah satu dihilangkan Api akan padam,

*Kebakaran adalah Api yang tidak dapat dikendalikan.

Cara Penanggulangan Segitiga Api :
¤ Udara dapat dihilangkan dengan pengisolasian.
¤ Panas dapat dihilangkan dengan pendinginan.
¤ Bahan bakar dapat dibatasi dengan pemisahan atau penguraian.

JENIS dan KLASIFIKASI KEBAKARAN
a. Kebakaran pada benda padat non logam,seperti kayu,kertas,tekstil,dsb
b. Kebakaran pada benda/bahan cair dan gas,seperti bensin,bensol,cat,tir,lak,aspal,minyak,dsb(yang tidak dpat bercampur dengan air.
c. Kebakaran pada peralatan listrik bertegangan(berspaning)seperti panel penghubung,peti penghubung,sentral telepon,transformer,dsb.
d. Kebakaran pada logam,seperti magnesium,natrium,kalsium,alluminium.

ALAT PEMADAM API RINGAN(APAR)
APAR adalah alat pemadam api berbentuk tabung yang mudah dioperasikan oleh satu orang dan mudah dijinjing. Alat pemadam api ringan tujukan untuk memadamkan api awal terjadinya kebakaran,
Apar beratnya dibawah 14 kg.Kalo diatas 25 kg namanya APAB.
Contoh Jenis Apar
¤ Water (air) gunanya untuk mendinginkan.
¤ Foam(busa) gunanya mendinginkan dan melapisi.
¤ Dry Chamical(serbuk) gunanya menutup dan meracuni,
¤ C02,sbuah kimia berbentuk cair bila dikeluarkan berbentuk gas,dan suhunya sangat dingin,gunanya Untuk menekan Udara.

Langkah yang dilakukan bila timbul Kebakaran
1. Jangan panik,usahakan tetap Tenang.
Ingatlah setiap kepanikan akan mengurangi daya pikir dan gerak anda.
2. Bunyikan Alarm.
Alarm dibunyikan untuk memberitahukan adanya kebakaran dan melakukan langkah pengamanan
3. Matikan aliran listrik,gas & aliran bahan bakar.
Dalam kebakaran kita berusaha mengurangi segala kemungkinan yang dapat menambah besar kebakaran,korbon & bahaya.
4. Padamkan api menggunakan APAR dengan memperhitungkan dan waspada.
Jangan mempertaruhkan nyawa sia-sia karena kecerobohan diri sendiri sehingga terjebak dalam kobaran api.

Safety Prevention

Untuk mengatasi kebakaran,pasanglah alat-alat pemadam api yang paling sesuai.
Pastikan alat pemadam ditempatkan secara tepat dan terpasang sesuai dengan standar fire & safety atau berdasarkan peraturan tentang kebakaran dan bangunan setempat.

Sistem Hydrant
Hydrant adalah sistem pemadam api yang memakai air yang bertekanan dalam jumlah besar dan terdiri dari peralatan & komponen sebagai berikut :
- Komponen Hydrant
- Persediaan air
- Pompa
- Pemipaan

Komponen Hydrant
* Kotak hydrant yang berisi hose(selang gulung), nozzle(pipa pemancar)dan Valve(kran pembuka & penutup air).
* Koling pengeluaran air.
Berdasar jenis dan penempatanya hydrant ada dua :
* Hydrant gedung(yang didalam gedung)
* Hydrant halaman(diluar gedung)

Definisi EVAKUASI
Evakuasi adalah Suatu usaha penyelamatan sumber daya manusia dan aset dari suatu keadaan darurat,Seperti :
~ Kebakaran
~ Ancaman Bom
~ Gempa Bumi
~ Banjir,dll

UNSUR PENDUKUNG EVAKUASI
~ MANUSIA : orang yang krena diri sendiri atau penugasan sebagai team evakusi
~ ORGANISASI : wadah atau team perancang/pelaksana/penanggung jawab evakuasi
~ PENGETAHUAN : Ilmu pengetauan/peraturan/prosedur yang mengatur tentang tatalaksana evakuasi
~ PERENCANAAN : rancangan atau cara/strategi evakuasi berlangsung
~ SARANA : alat pendukung
~ KOMUNIKASI : pemberitauan dan perintah pelaksanaan
~ INTEGRATED TEAM WORK : kerja sama tim yang terpadu.

PINTU DARURAT
* Pastikan anda mengenal lokasi pintu darurat.
* Pastikan pintu darurat dan jalur evakuasi tidak terhalang benda.
* Seluruh pintu darurat diberi tanda kusus dan dapat dipakai sepanjang waktu ditempat kerja.

Jabatan dan Tugas ERT(Emergensi Respon Team)
Bagian Keamanan
1. Memimpin dan mengkoordinasi regu pengaman,agar situasi dapat dikuasai dan dijaga agar slalu tertib aman dan terkendali.
2. Slalu koordinasi dengan floor warden mengenai situasi terbaru dilapangan dan siap menerima instruksi dari Chief ERT. Komunikasi harus singkat dan jelas.
3. Mempersiapkan semua peralatan(barrier tape senter flashlight,dll)yang diperlukan
4. Mengatur lalu lintas agar mobil ambulance pemadam,sekuriti dengan mudah dapat masuk kedalam area gedung.
5. Menjaga agar tidak terjadi kehilangan/pencurian.

LANGKAH-LANGKAH MENGHADAPI KEBAKARAN

*Ketahuilah ketepatan informasi bahan yang terbakar bila tidak jelas / terhalang,kenali warna asap :
1. Hitam Tebal : Mengandung hidrokarbon (aspal, karet, minyak)
2. Coklat Kekuningan : Mengandung asam sulfat.
3. Putih Kebiruan : Mengandung fosfor
* Atur

Pada hari ke lima yaitu hari Jum'at seperti biasa apel pagi dilanjutkan senam dan PBB. Sambil istirahat oleh Instruktur sholeh dipanggil satu satu untuk menghafal janji satpam dan Prinsip prinsip Penuntun tugas Satpam,
dan dilanjutkan Materi diruangan.

* PENJAGAAN oleh bpk Anwar Rustam kasektor wil tim.

Hal hal yang perlu diperhatikan,
~ Berpakaian yang lengkap rapi sesuai aturan yang berlaku,
~ Berdisiplin dalam waktu berangkat,datang lebih awal,
~ Tidak dibenarkan Masuk Pos sebelum jam Aplus,atau serah trima shif.Gunanya untuk shif yang akan diganti menyelesaikan tugas mutasi dll.

~ Serah trima tugas,begitu jam aplus penyerahan tugas dari shif awal ke shif berikutnya,
~ Mekanisme Tugas,begitu pergantian shif maka shif yang bertugas membagi tugas pada personil,

~ Penerimaan Tamu,
Bagaimana menerima tamu yang benar
Tata Cara
1. Petugas berpakaian yang rapi sesuai ketentuan yang berlaku dan berwibawa.
2. Sapalah tamu yang datang dengan ramah dan sopan,berdiri dan salamilah tamu tersebut.
3. Tamu dipersilahkan ke Pos penjagaan dan menanyakan keperluannya.
4. Mengisi buku tamu yang telah disediakan dan meninggalkan indentitas diri tamu,
5. Petugas satpam menghubungi yang dimaksud tamu lewat sarana yang ada.
6. Petugas satpam memberikan tanda tamu/visitor.
7. Petugas satpam mengantar tamu yang dituju.
8. Setelah keperluan selesai, tamu kembali kepos penjagaan untuk mengembalikan tanda pengenal tamu.
9. Petugas satpam menyerahkan kembali identitas diri tamu dan ucapkan terimakasih,dan mengantar tamu sampai kepintu.

~ Petugas Satpam setiam ada kegiatan mengisi buku mutasi..

Selesai Jum'atan peserta pembekalan masuk ruangan karena ada materi yang belum disampaikan,yaitu patroli,

* PATROLI oleh bpk SUNARYO kasektor wil sel.

Pengertian Patroli : Suatu kegiatan pengamanan guna mencegah niat dan kesempatan dengan cara mengamati,meneliti,mengawasi menyelidiki situasi dan kondisi munculnya gangguan KAMTIBMAS.

* Tujuan Patroli : Mencegah niat dan kesempatan yang akan menimbulkan/munculnya gangguan KAMTIBMAS

* Sasaran Patroli : Mengamankan,Melindungi,melayani,mengamankan personil/karyawan/melindungi material.Melayani hal yang berkaitan personil.

* Bentuk Patroli :
a. Perondaan
b. Persambangan
c. Patroli Kota.
~ Perondaan patroli dari blog ke blog.
~ Persambangan mendatangi dari titik ketitik lain,sifatnya sementara,tidak tetap.
~ Patroli kota,patroli yang meliputi antar kota,sampe luar kota, seperti yang dilaksanakan polisi

Metode/cara patroli, bisa berjalan,bersepeda,berkendaraan,dari udara,laut,atau berkuda.

HAL HAL YANG DIPERLUKAN
1. Sebelum patroli cek perlengkapan dulu.
2. Sikap kesiagaan dan kecepatan yang teratur
3. Gunakan mata dan teliya dngan baik.
4. Perhatikan dengan teliti daerah/kawasan rawan.
5. Rutenya tidak tetap,dan berhenti pada tempat tempat yang tertentu.
6. Mengenali daerah/kawasan kerja serta kebiasaan yang terjadi.
7.Tidak boleh Merokak saat patroli.
8. Dalam bertindak perhatikan aturan perundang undangan atau aturan perusahaan.

Selanjutnya adalah apel sore dan doa pulang karena waktu pembekalan hari kelima telah habis.

Pada hari keenam pagi jam 07.00 apel,kemudian diadakan penghafalan prinsip prinsip penuntun tugas satpam dan janji satpam sambil gladi kotor penutupan pelatihan,sebelum penutupan adalah materi yang disampekan debuti chief Security yang dibahas adalah tentang tantang PRINSIP PRINSIP PENUNTUN TUGAS SATPAN DAN JANJI SATPAM,

Begitu materi selesai kemudian diadakan gladi bersih penutupan.
Adapun acara penutupan diantaranya pengucapan PRINSIP PRINSIP PENUNTUN TUGAS SATPAN DAN JANJI SATPAM, dan diikuti semua peserta pelatihan.
Adapun bunyinya :
PRINSIP PRINSIP PENUNTUN TUGAS SATPAM
ST. Kapolri No.Pol : T/842/1988
Tgl. 20-12-1988

1. Kami Anggota Satuan Pengamanan Memegang Teguh Disiplin,Patuh dan Taat pada Pimpinan,Jujur dan Bertanggung Jawab.

2. Kami Anggota Satuan Pengamanan Senantiasa Menjaga Kehormatan Diri dan Menjunjung Tinggi Kehormatan Satuan Pengamanan.

3. Kami Anggota Satuan Pengamanan Senantia Waspada Melaksanakan,Tugas Sebagai Pengaman dan Penertib di Lingkungan Kerja.

4. Kami Anggota Satuan Pengamanan Senantiasa Bersikap Open, Tidak Menganggap Remeh Sesuatu Yang Terjadi Di Lingkuangan Kerja.

5. Kami Anggota Satuan Pengamanan Adalah Petugas Yang Tangguh dan Senantiasa Bersikap Etis Dalam Menegakkan Persatuan.

Dan bunyi dari :
JANJI SATPAM

1. SETIA DAN MENJUNGJUNG TINGGI PANCASILA DAN UNDANG UNDANG DASAR 1945

2. MEMEGANG TEGUH DISIPLIN,PATUH DAN TA'AT KEPADA PIMPINAN,SERTA BERANI BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SETIAP PELAKSANAAN TUGAS.

3. MENJAGA KEHORMATAN DIRI,DAN MENJUNJUNG TINGGI KEHORMATAN SATUAN PENGAMANAN.

4. MELIHARA KESATUAN DAN PERSATUAN SATUAN PENGAMANAN,SERTA APARAT KEAMANAN LAINNYA.

5. SENANTIASA MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KEWASPADAAN SERTA KEMPUAN TUGAS,DEMI TERCAPAINYA KEAMANAN LINGKUNGAN.

Dan untuk kode etik
KODE ETIK
SATUAN PENGAMANAN


PADA HARI INI SABTU,TANGGAL 08 Januari 2011 PUKUL : 11.00 WIB
KAMI PESERTA PELATIHAN SATUAN PENGAMANAN, BERIKRAR :

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
PANGABDIAN SAYA SELAKU ANGGOTA SATUAN PENGAMANAN :

1.BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.
2.MENJUNG TINGGI PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945
3.MENJAGA KETENTRAMAN UMUM DENGAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB BERDASARKAN KETAULADANAN DIRI
4.SELALU WASPADA DALAM MENGHADAPI SETIAP KEMUNGKINAN GANGGUAN KAMTIBMAS DI LINGKUNGAN TUGAS.
5.SETIAP SAAT SANGGUP MELAKSANAKAN PENGABDIAN LUHUR INI BERDASARKAN HATI NURANI.

KIRANYA TUHAN YANG MAHA ESA MEMBERKAHI KAMI.

Kudus, 08 Januari 2011


Pembaca Ikrar
Demikian pelatiahan satpam yang laksanakan selama satu minggu atau sekitar 60 jam ,semestinya pelatihan satuan satpam dilaksanakan empat minggu atau 320 jam tentunya masih kurang banyak bekal yang perlu disampaikan . Namun bekal yang sedikit ini sudah cukup untuk modal menjalankan tegas sebagai petugas keamanan.
Disamping nanti sambil belajar lewat forum formal maupun tidak,karena sebagai satuan pengamanan harus selalu meningkatkan kemampuan tugas,demi tercapainya keamanan lingkungan.

Demikian blog ini kami buat sebagai catatan untuk diri sendiri,tentu masih banyak kekurangan dan kesalahan,tentunya kami akan berterima kasih atas koreksi dan pembetulannya selanjutnya kami haturkan maaf dan terima kasih sebanyak-banyaknya.

2 komentar: